Kamis, 04 Maret 2010

CARA MENGGUNAKAN RUMUS PADA EXCEL

Cara Menggunakan Rumus Pada Excel :

Dalam fungsinya excel sangat membantu dan bermanfaat bagi para pengguna fitur office atau sering disebut aplikasi kantoran. Excel ini dapat digunakan untuk menghitung angka-angka baik yang mudah dihitung hingga yang rumit dihitung sekalipun. Perhitungan ini pun hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat atau dalam hitungan detik. Perhitungan angka-angka ini pun tersedia dalam berbagai bentuk seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian untuk mencari nilai rata-rata, dll. Hal ini hanya perlu menggunakan rumus, berikut cara mudah penggunaan rumus yang dapat dilakukan oleh operator pecinta office.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menggunakan rumus pada excel :

  1. Tulis angka yang diharapkan pada Cell yang tersedia dan diinginkan

  2. Ketik ( = ) pada Cell yang akan digunakan untuk menggunakan rumus

  3. Masukkan rumus yang akan digunakan. Misalnya SUM untuk menghitung jumlah, AVERAGE untuk mencari nilai rata-rata, dsb

  4. Klik Cell yang akan dihitung menggunakan rumus

  5. Klik ENTER apabila Cell yang akan dihitung sudah sesuai keinginan

  6. Jika Cell yang akan dihitung lebih dari satu cell pada satu kolom yang sama,maka tidak perlu menggunakan rumus kembali pada Cell tersebut. Operator hanya perlu menarik Cell yang telah dihitung menggunakan rumus tadi dengan cara klik kiri mouse sambil ditahan hingga Cell yang dikehendaki pada kolom tersebut.

  7. Hal ini hanya berlaku untuk penggunaan rumus dalam satu kolom. Jika perhitungan diperlukan kembali pada kolom yang berbeda maka operator harus mengulangi cara tersebut seperti dengan nomor dua
Demikian hal-hal yang dapat dicoba oleh para operator sebelum menggunakan rumus pada excel. Semoga bermanfaat da selamat mencoba...!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar