Jumat, 02 April 2010

METODOLOGI PENELITIAN

PENGOLAHAN DATA

Data yang telah dikumpulkan, diolah terlebih dahulu dan kemudian disajikan dalam bentuk tabel-tabel guna kepentingan analisa. Pengolahan mungkin dikerjakan dengan tangan dan dapat pula dengan mesin ketik atau electronic computer.
Pengolahan data meliputi kegiatan :

1. Editing

Data yang masuk (raw data) perlu diperiksa apakah terdapat kekeliruan-kekeliruan dalam pengisiannya, barangkali ada yang tidak lengkap, palsu, tidak sesuai dan sebagainya. Dengan demikian diharapkan akan diperoleh data yang valid dan reliable serta dapat dipertanggungjawabkan.
Yang perlu dicetak :
a. Dipenuhi tidaknya instruksi sampling
b. Dapat dibaca atau tidaknya raw data
c. Kelengkapan pengisia
d. Keserasian (consistency)
2. Coding
Proses berikutnya disebut coding, yaitu pemberian tanda atau simbol atau kode bagi tiap-tiap data yang termasuk dalam kategori yang sama. Tanda berupa angka atau huruf. Pekerjaan editing dan coding dapat dikerjakan oleh orang yang sama (editor dan Coder)
3. Tabulating
Jawaban-jawaban yang serupa dikelompokkan dengan cara yang teliti dan teratur, kemudian dihitung, dan dijumlah berapa banyak peristiwa atau gejala atau items yang termasuk dalam satu kategori. Kegiatan tersebut dilaksanakan sampai terwujud tabel-tadel yang berguna,terutama penting pada data kuantitatif. Langkah tersebut dinamakan dengan tabulating.
Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah data sebelum disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar